Selasa, 10 Juli 2012

Format Font,Paragraf,Column


Format Font dalam Microsoft Office Word

Format font adalah perintah untuk mengatur bentuk huruf, ukuran huruf, warna huruf dan lain-lain yangberhubungan dengan huruf (font).
Untuk mengatur format font klik menu Format-Font atau menekan tombol Alt-O-F sehingga muncul jendela Font seperti gambar berikut :
Pada jendela Font terdapat tab Font, Character Spacing dan Text Effect. Font untuk mengatur huruf dan Character Spacing untuk mengatur spasi huruf dan Text Effect untuk mengatur efek dari huruf itu sendiri.
Tab Font
Perhatikan pada tab Font terdapat Font, Font Style, Size, Font Color, Underline Style, Underline Color, Effects dan Preview.
Font sendiri untuk mengubah berbagai jenis huruf yang tersedia pada Microsoft office word, Font Style untuk menentukan bentuk huruf seperti Normal (Regular), Tebal (Bold), Miring (Italic), Tebal dan Miring (Bold Italic), serta pada Size untuk menentukan ukuran daripada huruf itu sendiri dimulai dari angka paling kecil adalah huruf terkecil dan angka paling besar adalah huruf paling besar. Silahkan mencoba memilih berbagai fariasi font dan perhatikan perubahannya pada bagian Preview.
Untuk Font Color digunakan untuk menentukan warna huruf yang akan diketik dan Underline Style digunakan untuk menentukan bentuk garis bawah pada kata yang ingin digarisbawahi, demikian juga dengan underline color.
Tab Character Spacing
Spasi yang dimaksud di sini adalah jarak spasi dari huruf yang satu ke huruf yang lain atau spasi antar huruf.



Pada character spacing terdapat Scale, Spacing, Position dan Preview.
Selain mengatur dengan besar kecilnya ukuran sebuah font pada tab font di sini juga bisa di atur besar kecilnya sebuah font/huruf dalam sebuah skala (Scale) persentasi, pilihlah persentasi yang sesuai dan perhatikan pada bagian preview.
Pada Spacing ada pilihan Normal untuk jarak spasi antar huruf normal, Expanded untuk merenggangkan jarak antar huruf dan Condensed untuk mempersempit jarak antar huruf yang satu dengan huruf yang lain. Coba lakukan pemilihan antara Normal, Expanded dan Condensed dan perhatikan pada bagian preview. Tab Text Effect
Pada bagian ini untuk mengatur efek dari huruf itu sendiri dalam bentuk animasi seperti Latar belakang huruf yang berkedip (Background Blinking) dan lain-lain.

Mengatur Format Font

Model huruf
Model yang umum dipakai adalah teks miring (italik) atau tebal (bold). Umumnya program browser mempergunakan tag em untuk huruf italik dan tag strong untuk huruf tebal. Misalnya anda ingin menuliskan kode em agar huruf tampil berbentuk italik dan tebal dan menuliskan kode strong untuk huruf tebal uppercase, perintahnya dituliskan sebagai berikut :
em { font-style: italic; font-weight: bold; } strong { text-transform: uppercase; font-weight: bold; }
bila gagal dapat ditambahkan perintah ini :
h2 { text-transform: lowercase; }
Mengatur ukuran huruf
Kebanyakan program browser mempergunakan huruf yang lebih besar untuk heading yang penting sifatnya. Bila anda menimpa ukuran defaultnya, anda menempuh resiko yaitu huruf menjadi tampak lebih kecil khususnya bila anda mempergunakan ukuran yang anda tambahkan tersebut dengan ukuran titik (point). Karenanya anda disarankan untuk melakukan pengaturan ukuran huruf dengan ukuran yang sama.
Contoh berikut mengatur ukuran heading dalam persen relatif terhadap ukuran teks normal.
h1 { font-size: 200%; }
h2 { font-size: 150%; }
h3 { font-size: 100%; }


Mengatur jenis huruf

Bisa saja jenis huruf favorit anda tidak bisa ditampilkan oleh berbagai jenis browser. Untuk mengatasi hal ini anda dapat menuliskan beberapa jenis huruf yang tidak dapat ditampilkan oleh hampir semua browser. Ada beberapa jenis huruf generik yang dijamin cocok, sehingga anda kami sarankan untuk mengakhiri daftar perintah HTML anda dengan salah satu jenis huruf berikut : serif, sans-serif, cursive, fantasy, atau monospace, contoh :
body { font-family: Verdana, sans-serif; }
h1,h2 { font-family: Garamond, Times New Roman, serif; }
Dalam contoh ini heading penting akan ditampilkan dalam bentuk huruf Garamond, bila gagal maka akan ditampilkan dalam bentuk Times New Roman, dan bila juga masih tidak dapat tampil, maka akan tampil sebagai huruf serif. Teks paragraf akan ditampilkan dengan huruf Verdana atau bila masih tidak tampil juga, maka browser masih dapat menampilkannya dengan jenis huruf standar sans-serif.
Cara menghindari masalah huruf dan batas tepi halaman web

Pertama pergunakan elemen p untuk mencegah teks pada body tulisan yang tidak dapat ditampilkan dengan baik.Contoh :
<h2>Spring in Wiltshire</h2>
Blossom on the trees, bird song and the sound of lambs bleating in the fields.
Teks yang ditulis mengikuti sebuah heading dapat menimbulkan akibat tampilan jenis huruf yang berbeda pada beberapa jenis program browser. Anda disarankan segera menutup teks pada paragraf tersebut. Contoh :
<h2>Spring in Wiltshire</h2>
<p>Blossom on the trees, bird song and the sound of lambs bleating in the fields.</p>
Kedua pergunakan selalu elemen pre ketika anda menuliskan pengaturan jenis huruf yang anda pergunakan.
pre { font-family: monospace; }
Ketiga pergunakan elemen p dan ul pada waktu mengatur jenis huruf untuk heading. Khususnya ketika anda melakukan pengaturan border atau warna halaman web anda dengan elemen div. Beberapa jenis program browser tidak dapat melakukan pengaturan huruf dengan baik dan cenderung lupa sehingga huruf heading anda tampak menjadi huruf standar saja. Untuk menghindari hal ini anda dapat menuliskan perintah HTML sebagai berikut :
h1,h2,h3,h4,h5,p,ul { font-family: sans-serif; }


Selain menggunakan tombol shortcut, anda juga bisa menggunakan cara berikut ini untuk mengatur paragraf di word 2003. Cara mengatur paragraf berikut ini dengan melakukan teknik blok secara manual pada teks kemudia menggunakan option paragraph untuk mengatur ukuran paragraf /tinggi baris.

1. Pada Menu bar, pilih Format => Paragraph


2. Pada kotak dialog Paragraph, atur spacing before dan after (biasa digunakan untuk mengatur spasi antara Judul atau sub judul dengan isi tulisan)
Pada Line spacing pilih spasi yang diinginkan. Klik OK


3. Hasilnya akan tampak seperti di bawah ini

Pada Word 2003 anda dapat mengakhiri sebuah paragraf dan memulai paragraf baru dengan menekan tombol Enter. Word memasukkan sebuah garis kosong dari posisi dari posisi kursor yang baru pada bagian awalnya. Bahwa paragraf adalah baris yang diakhiri dengan tanda Enter. Apabila paragraf yang akan kita atur hanya satu paragraf, tidak usah diblok tapi cukup letakkan kursor pada paragraf yang akan diatur tersebut. Bila lebih dari satu paragraf, maka blog paragraf-paragraf yang akan diatur.

Untuk mengatur paragraf di Word telah disediakan icon atau kita juga bisa menggunakan kombinasi kyboard. Untuk memformat paragraf dengan icon, klik icon left (perataan kiri), right (perataan kanan), center (perataan tengah), atau justify (perataan kiri kanan) pada toolbar formating. Sedangkan untuk format paragraf menggunkan kombinasi kyboard > Rata kiri (left): Ctrl-L, Rata kanan (right): Ctrl-R, Rata tengah (center): Ctrl-E, Rata kanan kiri (justify): Ctrl-J.

FORMAT COLUMN
Langkah-langkah membuat Columns pada Microsoft Word 2003
>Buka Microsoft Office 2003 pada menu
>Klik format
>Pilih Column
>Terdapat 5 benuk column data yang dapat di pilih,yaitu: One, Two, Three, Left, Right
> Terdapat 2 pilihan pada Apply to, yaitu: Whole Document & This Point Forward
> Klik Ok!
0 Number of Column berfungsi sebagai penentu seberapa banyak columns yang ingin di buat.
0 Line Beetwen berfungsi untuk memerikan garis pemisah antara column satu dengan yang lain.
            0 Equal Column Width berfungsi menampilkan col #, Width, Spacing untuk mengukur seberapa besar column yang ingin di buat. Hilangkan tanda “v” pada Equal Column Width agar dapat menampilkan col #, Width, Spacing
          0 Start New Column berfungsi untuk membentuk column baru.
            0 Width berfungsi sebagai penentu ukuran lebar yang d inginkan dalam pembuatan column.
            0 Spacing berfungsi sebagai penentu jarak antar column yang dapat di sesuaikan dengan keinginan.
Diposkan oleh Richka Octarina di 03:34

Membuat Pengetikan Kolom Koran (Format Column) pada Microsoft Word 2003
Untuk membuat gaya penulisan seperti pada kolom-kolom artikel koran atau majalah, langkah-langkah yang anda lakukan adalah sebagai berikut :
1.Seleksilah tulisan yang akan dijadikan kolom koran
2.Klik menu Format F Columns atau klik icon Columns, sebaiknya melalui menu saja.

3.Tentukan jumlah kolom yang akan dibentuk pada textbox Number of columns dengan mengetikan jumlahnya atau menentukan pada buttonnya.
4.Bila anda ingin menggunakan gaya kolom yang tidak sama besar, hilangkan tanda pada checkbox Equal column width, lalu tentukan lebar salah satu kolom yang anda kehendaki.
5.Bila anda menginginkan gaya kolom dengan garis pemisah antar kolom, tandailah checkbox Line between.
6.Untuk mengakhiri proses pembentukan kolom ini kliklah button OK atau tekan tombol Enter.




 Membuat Grafik Pada Microsoft Word 2007, grafik pada sebuah dokumen sangat diperlukan untuk menunjang sebuah informasi atau presentasi. Kali ini blogwerutech.com akan membahas cara Membuat Grafik Pada Microsoft Word 2007.
Langkah-langkah Membuat Grafik Pada Microsoft Word 2007 :
1. Buka Window Microsoft Office-Microsoft Word
2. Pilih Insert-Chart dan pilih chart/grafik yang diinginkan, dan akan muncul dua window seperti ini :

Window 1 adalah Window Microsoft Word 2007 dan Window 2 adalah Window Microsoft Excel 2007
3. Untuk merubah ukuran grafik, pergi ke window Excel dan hapus angka-angka yang ada, ganti dengan angka yang Anda butuhkan
4. Untuk merubah category menjadi bulan atau tahun, pergi ke jendela Excel hapus tulisan categori dan ganti menjadi bulan atau tahun yang diinginkan


5. Untuk merubah keterangan dari grafik pergi ke jendela Excel dan hapus tulisan series, ganti keterangan sesuai yang di butuhkan